Hidup Lebih sempurna Dengan Mereka :D

Hidup Lebih sempurna Dengan Mereka :D
with Parabola

Jumat, 13 Agustus 2010

Jadi SISWI SMK Farmasi Surabaya :')


Pertama sih aku gak mau dimasukin di sekolah tersebut. Sampe cekcok sama mama. Ndengerin kata FARMASI dari mama aja udah emosi dan gak lama kemudian mewek sambil cekcok =__=
Sebelum UNAS itu cekcoknya. Astaghfirullah. lha waktu UNAS nya aku sakit (adzab mungkin).
tapi setelah itu aku masih tetep gak mau dimasukin ke sekolah itu, sampe akhirnya terjadilah dialog berikut ini :
aku : haduh, kenapa harus farmasi seh. aku ntar masuk smk 1 atau 5 aja. Farmasi itu sulit, ma. Aku takut gak mampu
mama : heh. kamu lho kok PD danem mu bagus. mama sama buyah ini tau kamu itu kayak apa, apalagi waktu UNAS kamu sakit. Mana ada sih sekolah bagus yg enggak sulit ha? Kamu mau mama sekolahin di ganesha atau trisila gitu. Mau ta?
aku : ah. Gak. pokonya SMA atau SMK 1 apa 5
buyah(alm) : kakak, kakak sekarang mikir gini deh. kalo kakak masuk SMA, kakak kalo udah lulus ntar jadi apa? iya kalo buyah ntar ada banyak rejeki. kakak bisa kuliah. lha kalo gak? kakak nganggur gitu? trus cuma buyah yg banting tulang biar bisa ngehidupin kalian. buyah pengen anak-anaknya buyah jauh lebih baik daripada orang tuanya. Masak kamu gak mau dukung buyah, kak?
Aku : (tertunduk dan mulai mewek)
mama : (ngasih aku selembar kertas) ni. mama sama buyah udah daftarin kamu. kalo kamu gak ikut tesnya uang 150ribunya mama sama buyah ilang sia-sia. ya itu terserah kamu. kamu tau sendirikan perekonomian keluarga kita kayak apa. masih mending kamu. kita selalu nyekolahin kamu di sekolah-sekolah yang kualitasnya bagus. Liat tu mereka anak-anak orang kaya disekolahin di sekolah-sekolah yg mutunya rendah. Kamu itu seharusnya bersyukur, kak.
Aku : (mulai nangis deh sambil lari ke kamar dan mikir. Bener juga ya kata mama sama buyah)
Gak lama kemudian setelah puas nangis (cuma nangis tanpa suara dan meneteskan sedikit air mata) aku keluar dari kamar
Mama : ngapain nangis? (tersenyum licik padaku)
Buyah : haha. Kayak mau dinikain ae kamu itu, kak
Aku : (diam dan ngedumbel dalam hati)
Buyah : hm. ini lho. Simpen (sambil ngasih kertas pendaftaran tadi yg sempet aku tinggalin)
Aku : (ngambil dengan hati yg gak ikhlas)

Beberapa hari kemudian aku diajak mama ke CALON sekolahku itu buat di tes. Di sana cuma diukur berat badan, tinggi badan, sama buta warna apa kagak. lalu ngisi formulir yg ada beberapa pertanyaan. waktu ada pertanyaan pelajaran mana yg anda sukai, mamaku maksa aku jawab yg IPA sama Matematika. aku jawab, "lhoo mama aja deh yg sekolah" kemudian mama saya diam (masa’ mulai jawab pertanyaan pertama harus pake jawabannya mulu)
Trus ditawari (mau beli apa kagak) fotocopy-an test tulis taun 2006-2008 buat belajar biar sukses tes tulisnya ntar. Aseem tuebel seruu. Aku coba liat dan mbaca-mbaca. HELLuk matematikane kok gini, coba liat b. Ind nya lha kok dikit dewe =+=. Wes wes tak balikin tu fotocopy-an. dan pulang dengan hati yg masa bodoh dengan kehidupan ini, pokoknya aku jalanin mana yg baik aja dan ngambil hikmahnya saja kalo ada yg salah.

Dan akhirnya..
Waktu liat danemku aku bersyukur, sangat amat bersyukur (ya meskipun agak kecewa). Alhamdulillah yaa ALLAH, mamaku udah ngedaftarin aku di SMK Farmasi. Sampe-sampe aku ikut sujud sama temen-temenku yg danemnya bagus-bagus.

Kamu berapa.. kamu berapa..mau masuk mana..mau masuk mana..
Temen-temen pada tanya-tanyaan. Ada yg nagis sedih, ada yg nangis gak percaya ada yg dapet danem segitu, ada yg mukanya was-was, ada yg langsung nelpon emak bapaknya, ada yg biasa aja kayak hari itu bukan hari yg menggetarkan.

Yaa ALLAH aku nunggu munculnya danem itu mulai jam 6an pagi, jam 12an baru muncul. Temen kelasku yg pertama kali aku liat yaa Cuma Rara, deskmateku. Kalo aku ada di deketnya tuh kayak papan catur --“ hehe

Danemnya dia bagus banget menurutku, dia akhirnya masuk SMASA, percepatan juga. Ckckck. Wes ayu, pinter, apik-an pisan. Subhanallah, bangga banget punya temen kayak dia.

Waktu mau pulang aku liat Lintang, yg biasa dipanngil Pent, anak 9f yg lagi kumpul sama temen-temennya. Aku coba deketin, kata Ajeng sih dia mau masuk farmasi juga. Aku liat yg dia pegang... FOTOCOPY-an itu...
Wah anak ini bener-bener niat masuk farmasi, batinku.

aku : lho, pent. mau masuk farmasi juga?
pent : ia, liy. kamu juga ta?
aku : ia. ini kamu beli ya (sambil liat fotocopy-an itu LAGI)
pent : ia, liy. aku disuruh belajar itu sama ibuku.
aku : lho, logaritma ya ini? kita kan belum diajari :(
pent : ia. haa, wes emboh kalo gak di sana lha aku sekolah di mana lagi, liy.
aku mbatin lagi, lealah terpaksa pisan iki arek.
aku : berapa seh danemmu, pent?
pent : 35 koma, liy. kamu?
aku : walah. mending. kan bisa masuk negeri. aku 33 pas
pent : bapak ku gak gelem, liy. daripada negeri pinggiran mending masuk swasta yg bagus pisan. adekku lho danemnya bagus, aseem aku kalah.
aku : iya juga sih, bapakku juga gitu.
aku inget adikku lak juga pengumuman danem ya

sampe rumah saya ditanya mama, mama nampak biasa aja seakan-akan beliau tau danemku pas-pasan.
mama : berapa, kak?
aku : hash. 33,00 ma
mama : haha, danem opo iku. yek kalah sama adek
aku : (wealah mak ku ngguyu) lha adek danemnya berapa?
mama : tanya aja sendiri ke anaknya
aku : he, sit. berapa danemmu?
sita : di luar target, kak. 28,95 yee dapet pizza
aku : huasemm gedhe banget =o=
liat ae ntar kamu smp. ahahhaa

sebelum tes tulis dilaksanakan, mama, eyang sama buneng (tantenya mama) selalu dan selalu nyuport dan nyuruh aku belajar mati-mati an supaya bisa keterima. haduuh, uripku, rekk.
udah dibeliin fotocopy-an tebel itu, suruh ngisi. ya aku isi sesuai mood ku. kebanyakan yg aku isi cuma b.inggris sama b.ind. Matematika sama IPA nya bolongnya banyakk. hahaha
mama ngomel soalnya banyak yg gak ke-isi.Tapi aku selalu berdoa supaya sukses dan tidak lagi mengecewakan mama sama buyah :')

TES TULIS pun tiba aku di ruang satu, aku liat nomer peserta ku, belakangnya 0004. aku cari, eh ternyata di depan dewe ToT
eh eh ternyata duduknya sesuai urutan pendaftaran, MASYALLAH aku pendaftar ke 4 dari 3ratus lebih siswa, dan yang akan diterima Cuma 160 anak =u=
bangkunya juga gitu, gak kayak bangkuku waktu smp sama sd. duduknya satu-satu di kursi lipat yg ada mejanya kayak bangku-bangku kuliah gitu.

gak boleh ada yg di ruangan sebelum bel masuk, akhirnya aku nunggu di luar dan mencari-cari batang hidung dari Pent dan anak spensix lainnya (padahal taunya Cuma Pent yg mau masuk farmasi). suwee gak nemu-nemu.
waktu nunggu eh dari jauh nampak Melissa anak billingual, aku heran. wah ini anak mau ya ikut pendaftaran, padahal danemnya tinggi. wah wah. kok bisa ya.
waktu Pent dateng aku ngomong, “Pent tadi aku nampak Melissa lho. dia ikut juga
ternyata, gak nyangka lho aku.”
“ia tadi aku juga liat, liy.” kata Pent

BISMILLAHHIRAHMANNIRRAHIMM :D
aku awali, aku buka halaman pertama. wuih Matematika. ntaran aja. Aku langsung cari B.Ind dan mengerjakannya. kemudian IPA saya kerjakan tapi masih ada yg bolong-bolong, aku pindah ke B.Ing, HELLukk b.Ing nya soal cerita semua, vocabnya baru-baru pula ==" wes wes. Lalu sisanya hanya hitung menghitung.
habis ngerjain semua aku liat jam, walah kurang 15 menit lebih. sambil ngoreksi lagi aku gosok-gosokin tanganku (kedinginan orang duduk di bawah AC)
pengawasnya liatin aku yg daritadi gerak mulu. He he he. Aku diem. Lalu nyium-nyium tanganku ß----- pasrah dan pesimis banget bisa diterima

waktunya selese. Pulang. Pulang. Naek bemo. Eh, di bemo ada hilmy, temen kecilku, sama temen barunya dari SMA Al-Khoiriyah. Canggung seh udah jarang ketemu soalnya.
Sampe rumah, mama langsung tanya. Eyang langsung telpon. Yaa dengan pertanyaan yg sama, “Gimana? Bisa ta?” ya selalu begitu kalo setiap ada ulangan-ulangan atau segala tes tulis =n=
Aku jawab, “Hadeeh. Susah nya. Kayaknya gak bakal aku diterima L
Mereka pasti jawabannya sama, “lhoo. Kamu seh, kak. Gak niat belajarnyaa. Kalo belajar itu hp ditaruh dulu”
Jawaban itu selalu sama meskipun menurutku aku bisa dalam test itu =s=

2 hari kemudian hasil tes keluar, mama yg bakal liat. Aku dag dig dug aja. Bukannya takut gak diterima atau gak lulus. Aku Cuma takut ngecewain lagi orang-orang yg udah nyuport aku. Aku gak mau mereka kecewa.
Mama pulang. Aku denger suaranya langsung turun dari lantai atas ke ruang tamu buat nyari tau.
Sita : wah gak lolos kamu, kak. Wes sekolah ganesha ae wes.
Lhoalah bener dugaanku aku gak lolos. Tapi aku belum percaya, aku kejar mama yg sedang menelpon seseorang.
Aku : ya apa, ma? Lolos?
Mama : (gak jawab, nunggu telponnya diangkat sambil senyum-senyum)
Mama : halo, yah? Anakmu lolos. Alhamdulillah (sambil liat aku)
Aku : Alhamdulillah, ya Allah :D
Mama : (ngasih formulir lagi) ntar tes kesehatan
Aku : opo maneh =,=
Mama : yawes itu

Waktu tes kesehatan, kebetulan juga ada cap 3 jari di smp. Jadi dateng cap 3 jarinya telat. Semuanya pada pake baju bebas Cuma aku, Pent, sama RPK yg pake seragam putih biru. Haha. Dari Farmasi ke Spensix saya nebeng Pent. hwehehehe
Banyak yg tanya dari mana kamu, liy? Haha. Gak tau kenapa jadi bangga buat bilang habis Tes Kesehatan di Farmasi.

Ya waktu MOS nya juga beda, aku liat status fb nya temen-temenku mos nya kayak pas smp. Di suruh pake ini itu, bawa ini itu, dihukum ini itu, disuruh buat ini itu sama kakak osis.
Wah Alhamdulillah, saya Cuma disuruh bawa ting-ting jahe, adem sari atau jescool, satu obat sama 2 lolipop buat kakak osisnya. Haha.

Dan sekarang saya harus bisa ngikutin semua pelajaran yg ada di sana dan tunduk dengan semua peraturan2 yg ada. Aku harus bisa buat bangga Mama dan Buyah.
Sejak memakai putih abu-abu ini, saya harus terbiasa menunjuk sesuatu dengan ibu jari dan harus terbiasa mengganti kata AKU menjadi SAYA. Sejak memakai seragam putih abu-abu, saya sudah mempunyai rencana akan jadi apa saya esok hari nanti. Dan sejak memakai putih abu-abu juga saya kehilangan orang yg saya sayangi dan saya banggakan. Yg telah membuat saya selalu optimis dan percaya diri.
Bye, yah :’)
We CAN without you, yah :”)
We do miss you :’D

Maaf kalau berantakan, bertele-tele, monoton, dan MEMBOSANKAN :(
Logo SMK Farmasi Surabaya


37 komentar:

  1. Balasan
    1. mbak aku mau tanya. kamu ngambil formulir pendaftaran itu berapa hari setelah UN?

      Hapus
    2. Harus bisa biologi kah?

      Hapus
  2. kangennnn Parabola :')

    BalasHapus
  3. Butuh asisten apoteker utk apotek di daerah kutisari. Syarat : punya ijazah SMK Farmasi. Hub : 081232940975

    BalasHapus
  4. smk farmasi mana kakak? aku juga pengen masuk situ

    BalasHapus
  5. smk farmasi mana kakak? aku juga pengen masuk situ

    BalasHapus
  6. Tes kesehatan nya itu apa aja kak ? Takut sama tes kesehatannya nih , soalnya mata agak gmana gitu ..

    BalasHapus
  7. Kak tes kesehatanya kaya gimana tuh?

    BalasHapus
  8. MashaAllah bagus banget ceritanya kak :)

    BalasHapus
  9. Ceritaanyaa baguss, Jaman saya dulu nama masih SMF Surabaya, dan saat test bukan 300orang namun hampir seribu hehehee yg di terima hanya 120 orang. Suksess teruss Buat sekolah dan Karirrnya kedepan. Jadilah Alhli Farmasi Jujur dan Berkarakter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin enggeh insyallah, Pak. terima kasih reviewnya hehe. sukses juga buat bapak :)

      Hapus
  10. sy angkatan 2008, skrg jadi guru b.inggris, di farmasi ga dpt ilmu. tp dpt jdoh XD

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Bagus ceritanya. Bisa buat pengalaman sebelum masuk Farmasi😁#.Kalo dia(R) serius pengen masuk farmasi,bakalan aku support&aku doa'in biar lancar, bisa diterima&masuk diFarmasi.amin😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. eciyeee gimana? jadi masuk Farmasi engga si R? haha :D

      Hapus
  13. Wih kak aq juga mau masuk sana. Katanya itu sistemnya sistem gugur atau apakah itu y lupa ane. Whell doakan saya agar bisa masuk sana dan saya akan doakan kalian juga yg mau masuk sana 😇

    BalasHapus
  14. Wih kak aq juga mau masuk sana. Katanya itu sistemnya sistem gugur atau apakah itu y lupa ane. Whell doakan saya agar bisa masuk sana dan saya akan doakan kalian juga yg mau masuk sana 😇

    BalasHapus
  15. kak, gimana seh cara beradaptasi di SMK Farmasi Surabaya? soalnya aku baru kelas 10 tahun ini 😅 :'3

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. hai kak ? aku anak kls 12 dari smk farmasi surabayaa, ceritanya kakak unik ya sama kek aku sebelum masuk sini wkwk

    BalasHapus
  19. aku spensix juga nih
    dan disuru mama masuk sini juga tapi masih agak ga ikhlas gt,soalnya temen2 banyak bgt yang mau ke smala,smada:"

    BalasHapus
  20. Terima kasih kak liy sebelum masuk di farmasi kapasari, iseng iseng baca blog ini, eh kok jadi kepingin sekolah sini akhirnya daftar dan alhamdulillah keterima, masih kelas 10 hehe. Salam kenal kak

    BalasHapus
  21. Ceritanya seru kak! :D
    Sebentar lg aku mau tes sekolah farmasi gelombang 1 doain yak, semoga lulus! Aminnn ya allah.. Huhu gugup bngt.
    Cerita kakak memotivasi sekali😁
    Btw, kak gk ada sistem tes wawancara kah? Soalnya bnyk yg bilang sekarang smk ada tambahan tes sistem wawancara.

    BalasHapus
  22. and...
    biayanya?
    /bln?
    kegiatan?
    biaya masuk?

    ayo cerita lagi🥰

    BalasHapus